Memakna Puisi Anak (1)
Pergilah, Corona (Achmad Albani Fariz)
Oleh: Erry Yulia Siahaan
Puisi merupakan salah satu bentuk sastra yang imajinatif. Bebas. Seringkali kita menemukan kata-kata yang sarat makna dalam bentuk kiasnya. Terlebih karya-karya para maestro sastra, yang mempunyai jam terbang tinggi dalam meluapkan ekspresi diri mereka.
Bagaimana dengan puisi anak? Mari kita simak puisi "Pergilah, Corona" karya Achmad Albani Fariz, siswa Kelas 4D SDN Kramat Jati 03 Jakarta.
Pergilah, Corona
Oleh Achmad Albani Fariz
Kau datang
saat Ramadhan menjelang
Kami risau
Kami tak bisa bersekolah
Pun tak pergi mengaji
Tak bermain dengan teman-teman
Tak jalan-jalan bersama keluarga
Corona ….
Pergilah
sebelum Ramadhan datang lagi
Kami ingin menyambutnya
dengan keluarga besar kami
Ingin bersilahturahmi
bertemu saudara di kampung nanti
Corona ….
kumohon pergilah
Lalu, Albani menuliskan pula puisinya dalam Bahasa Inggris, sebagai berikut:
Go, Corona
By: Achmad Albani Fariz
You came
Ramadhan was coming up
Our hearts ran wild
Took us out of school
No recitation
No playing with friends
No traveling with family
Corona …
Go away
Before the month of Ramadhan arrives again
We want to welcome him
with our extended family
Meet up with our brothers and sisters
In our hometown later
Corona ….
Please, go!
Judul puisi "Pergilah, Corona" & "Go Away, Corona", juga badan puisi, kaya akan pesan-pesan yang polos, ciri keapa-adaannya seorang anak. Kata-kata "Kau datang/saat Ramadhan menjelang/Kami risau/Kami tak bisa bersekolah/Pun tak pergi mengaji/Tak bermain dengan teman-teman/Tak jalan-jalan bersama keluarga/Corona …./Pergilah", mengingatkan kita akan awal datangnya Corona dan diberlakukannya kebijakan menjaga jarak bulan Maret, menjelang Ramadhan (April-Mei).
Albani menjelaskan kerisauannya sebagai anak, misalnya tidak bisa bersekolah, dst. Nampak bahwa Albani memiliki kerinduan yang dalam untuk bisa bersekolah lagi, dalam artian hadir secara fisik di sekolah untuk belajar, bertemu teman dan guru, bermain bersama, berbagi cerita, dan sebagainya. Albani menemukan sesuatu yang lebih daripada sekadar belajar di rumah. Amat wajar seorang anak merindukan hal ini. Anak seusia Albani memang masih ingin bermain. Melihat konteks puisi yang ditulis setelah beberapa bulan sejak diberlakukannya masa darurat pandemi, kita menjadi lebih maklum dalamnya kerinduan itu. Jika awal-awalnya mungkin belajar di rumah bisa dirasakan sedikit berbeda dan bisa jadi mengasyikkan bagi anak (lebih santai, lebih fleksibel), tidak demikian halnya setelah itu berlangsung berbulan-bulan.
Kata "Pun tak pergi mengaji" memperjelas kerinduan Albani akan interaksi dengan temannya. Dalam artian, Albani biasa mengaji di luar rumah, mungkin bersama sekelompok teman dengan guru mengaji yang sama. Jelas, Albani melihat interaksi ini menyenangkan sehingga dirindukan. Dalamnya kerinduan Albani berkumpul dengan teman dan berinteraksi dengan banyak orang diperjelas dengan kalimat berikutnya yaitu "Tak bermain dengan teman-teman/Tak jalan-jalan bersama keluarga". Kata "Kami risau" mengingisyaratkan bukan hanya Albani yang rindu, tetapi juga keluarganya.
Ada harapan yang menyentuh dari bagian kedua puisi ini, yakni saat Albani meminta Corona pergi sebelum Ramadhan datang lagi. Bukan "pergi pada bulan Januari atau Februari" misalnya, tetapi lebih ditekankan pada Ramadhan. Kerinduan yang menyentuh. Terlebih saat ada kata-kata "Kami ingin menyambutnya/dengan keluarga besar kami/Ingin bersilahturahmi/bertemu saudara di kampung nanti". Rindu melihat kampung halaman, bertemu dengan handai-taulan di sana. Mengharukan. Betapa seorang anak memiliki kerinduan seperti ini. Seorang anak mampu memimpikan suasana kekeluargaan, yang harmonis, penuh silaturahim, damai, yang idealnya menjadi kerinduan segenap orang, segenap bangsa.
Pada bagian akhir, ini juga cukup menarik, Albani menuliskan "Corona …./kumohon pergilah", bukan "Pergi!" misalnya. Penggunaan sufiks "lah" pada sebuah kata kerja (predikat) bisa dimaknai berbeda-beda. Akhiran "lah" bisa diartikan sebagai cara untuk memperhalus perintah ("pergi"), menunjukkan kesopanan, atau mempertegas ekspresi. Fungsi sufiks "lah" lazimnya memang untuk menegaskan predikat, pernyataan bermuatan keyakinan (contoh: "Tentulah Corona akan pergi"), atau menekankan subjek dalam kalimat (contoh: "Coronalah yang harus pergi"). Jadi, bisa saja yang dimaksud adalah untuk mempertegas predikat "pergi" atau perintah untuk "pergi".
Mari bandingkan dengan pilihan diksi pada bagian yang sama yang berbahasa Ingris ("Corona …./Please, go!"). Penggunaan kata "please" dalam Bahasa Inggris justru untuk memperhalus suatu perintah. Meskipun pada praktiknya, menurut pengamatan penulis, kata "please" bisa diungkapkan sebagai bentuk kenyaris-frustasian pengungkapnya setelah perintah berulangkali diucapkan tetapi tidak dilakukan oleh orang yang dituju. Misalnya pada adegan dramatis di medan percintaan, seorang pemuda menangis, diputus kekasih. Seorang teman mengetahui hal itu dan menghampiri. Teman itu menanyakan ada apa. Pemuda yang dikenal lembut itu diam saja, enggan bercerita, lalu menyuruhnya pergi. Teman itu tidak beranjak. Berusaha ingin membantu, tetapi pemuda itu tak mau. Perintah "pergi" diulangi, teman itu tak juga pergi. Akhirnya, si pemuda bisa mengatakan "please, go" dengan nada lebih tinggi, lebih ditekankan, lebih memelas, untuk menunjukkan dia tidak tahu lagi harus bagaimana untuk meyakinkan temannya itu bahwa dia benar-benar ingin sendiri, tidak ingin diganggu.
Yang paling tahu alasan pemilihan diksi sebuah puisi adalah penulis puisi itu sendiri. Dalam puisi "Corona, Pergilah", Albani adalah orang yang tepat untuk ditanyakan.
Terlepas dari itu, lewat puisi tersebut, kita patut acung jempol untuk Albani yang sudah menunjukkan kemampuan berekspresi cukup baik melalui karya sastra, khususnya puisi. Kemampuannya menuliskan puisi itu dalam Bahasa Inggris juga patut dipuji, karena lahir dari anak seusianya.
Salam Literasi!
No comments:
Post a Comment